About Writing.

Square

Seorang teman, documenter film maker, director pernah bilang ke saya,

“Lo mesti belajar dan bisa nulis, karena nulis bakal banyak ngebantu dipekerjaan, apapun pekerjaan lo”.

Biasa lah jiwa ngeyel, saya berusaha mendebatnya “well tapi kerjaan gw, lebih banyak visual nya, gimana ngebantu nya?

Dan satu argumen, beres bikin saya gak ngedebat lagi

“Well, ok lah lo art director, kerjaan lo visual, cuma pasti lo sering dapet ide dan lo ga bisa gambar ide lo di sckech book lo. Daripada ilang tuh ide, mending lo catet kan?

“Nulis akan lebih cepat daripada lo gambar, dan walau lo simpen via note, akan lebih mudah kalo lo tau cara deskripsi isi kepala lo di tulisan,”. jawab dia lagi.

Setelah dipikir-pikir bener juga, dengan nulis kita belajar menerjemahkan ide dengan kalimat yang singkat padat dan jelas tentunya. Kalo udah biasa milih diksi yang tepat, tulisan bakal jadi deskriptif dan siapaun orang yang baca akan tau apa yang dimaksud.

Back in the earlier days, before i took a design school. My first interest on Advertising is copywriting.

Iya awalnya selalu kagum sama tag line poster produk yang catchy.

As simple as Nike. “Just DO it”. itu buat saya ajaib banget sih, dan jujur sebelum sekolah design malah pengen jadi coywriter, dan karena ga ada sekolahnya, akhirnya ambil diploma graphic design.

Trus kerja di Agency, dan tau kalo ternyata ada Creative Director (CD) di top notch agency yang base nya copywriter, well memang ga banyak, lebih banyak yang jadi CD itu anak visual, tapi ada.

Balik ke belajar nulis, turn out ngebantu banyak di kerjaan saya sekarang.

Daily saya harus baca dan edit sekitar 4-5 tulisan untuk sebelum publish ke media, dan jujur rutinitas itu banyak ngebantu saya untuk menulis.

Saya pernah baca lupa dimana, “berlatih itu penting intinya untuk jadi mahir dalam suatu pekerjaan, kita harus mengerjakan/berlatih sampai satu titik itu sudah jadi bagian dari reflek (alam bawah sadar) atau kalo atlet disebut muscle memories.”

Mau jadi photographer bagus, selain sering moto juga harus banyak liat foto, mau jadi designer keren ya harus sering bikin layout dan sering liat visual keren, dan kalo mau jadi good writer, selain menulis ya harus banyak sering baca.

Ga, saya ga klaim saya udah jadi good writer sih, cuma kalo liat dari awal nulis dulu, saya udah banyak improve lah, minimal kecepatan baca saya jadi lebih cepat, dan bolak balik urutan tulisan udah makin cepat, dan yang pasti, kemampuan menangkap poin ide dari orang yang jadi subjek tulisan jadi lebih baik.

Jadi kapan mau mulai belajar nulis?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *