UPGRADE : Clipless Pedals + Tire

Square

Setelah 6 bulan kurang (Maret 2022) akhirnya memutuskan, memberanikan diri untuk upgrade ganti clipless pedal. Konsekuensi biaya pasti ada karena mesti beli pedal dan sepatu nya.

Berawal dari baca artikel di mainsepeda.com, disitu Azrul Ananda menulis alsan kenapa harus pakai clipless pedal. Awal nya ya tetap kekeuh pakai flat pedal biasa non clip. Cuma selama riding banyak liat pada pakai ini, dan lama lama mikir juga, “suatu saat akan hijrah pakai clipless pedal.

Akhirnya di awal Agustus, mulai browsing dan memutuskan beli clipless pedal berikut sepatu nya. Pilihan jatuh pada Shimano SPD SL Pedal Road Bike PD-RS500, dengan harga 500 an (yang banyak review nya cukup bagus untuk pemula) dan sepatu Santic dengan harga 700 an. Awalnya mau nunggu genap 6 bulan bersepeda, kemudian hijrah, cuma ternyata hasutan dikepala tak bisa menunggu sampai September tiba

Kedua item datang, install di sepeda dan akhirnya per 13 Agustus mulai merasakan “Jatuh Bego” dari sepeda karena telat unclipping. Iya hampir semua yang beralih pasti menjadikan alasan jatuh bego sebagai keenganan beralih ke clipless pedal ini, termasuk saya sih.

Tapi setelah sebulan lebih memakainya bisa dirasakan perbedaan dengan memakai clipless pedal, yang pertama ga tau kenapa HR jadi lebih rendah dan stabil, bisa jadi karena putaran cadence yang stabil dan posisi kaki yang rigid yang membuat HR lebih stabil. Kedua speed average jadi lebih tinggi, ga tau ini murni karena pedal atau ada andil dari ban juga.

Iya setelah clipless pedal saya juga upgrade Ban bawaan dengan Continental Grand Sport dengan harga kisaran 360 an. Kalo ini dapat saran dari Youtuber Jacob Iskandar. Dia pakai sendiri ban tersebut udah 3 tahun dan selama itu ga pernah pecah ban. Dengan harga kisaran itu sangat worth it dan bener sih ternyata ngaruh, gampang dapet 30 KPH dengan ban baru ini. Untuk sementara dua item itu dulu yang saya share pengalaman upgrade, walau sebenernya ada item baru yang saya beli setelah itu, tapi nanti saya tulis lagi, happy riding guys.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *