Safar

Square

Kalau bicara Safar atau Berpergian, ada kolega yang pernah bicara begini ke saya. ” Paling senang, kalau mulai safar, hari Kamis” saya tanya emang kenapa? dia jawab, karena shalat jumat nya bisa berpindah pindah tempat. Ternyata ada keutamaan Safar di hari Kamis. “Disunnahkan untuk melakukan Safar (perjalanan) pada hari Kamis dan berangkat pagi-pagi ketika akan melakukan perjalanan. Hal ini berdasarkan hadits shahih dari Kaโ€™ab bin Malik Radhiyallahu anhu :

ุฃูŽู†ู‘ูŽ ุงู„ู†ู‘ูŽุจููŠู‘ูŽ ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽู…ููŠู’ุณู ูููŠู’ ุบูŽุฒู’ูˆูŽุฉู ุชูŽุจููˆู’ูƒูŽุŒ ูˆูŽูƒูŽุงู†ูŽ ูŠูุญูุจู‘ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุฎู’ุฑูุฌูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽู…ููŠู’ุณู.

โ€œBahwasanya Nabi Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam keluar menuju perang Tabuk pada hari Kamis dan telah menjadi kebiasaan beliau untuk keluar (bepergian) pada hari Kamis.โ€[4]

Di dalam riwayat yang lain,

ู„ูŽู‚ูŽู„ู‘ูŽู…ูŽุง ูƒูŽุงู†ูŽ ุฑูŽุณููˆู’ู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ ูŠูŽุฎู’ุฑูุฌู ุฅูุฐูŽุง ุฎูŽุฑูŽุฌูŽ ูููŠู’ ุณูŽููŽุฑู ุฅู„ุงู‘ูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽู…ููŠู’ุณู.

โ€œRasulullah Shallallahu โ€˜alaihi wa sallam apabila bepergian senantiasa melakukannya pada hari Kamis.โ€ [HR. Al-Bukhari no. 2949][5]

Sumber:ย https://goo.gl/tNrZJo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *